Rabu, 30 Januari 2008

10 Kesalahan Diet dan Solusinnya


“Program diet Anda akan berhasil bila dilakuakan dengan cara yang benar…”

Pernahkah anda mendengarkan keluhan seperti demikian,”Saya sudah diet tapi tetap saja kelebihan berat badan”, “kurangi makan sudah, olah raga sudah tapi berat badan tidak kunjung turun” atau “diet? Buat apa?”

Tentunya anda pernah mendengar keluhan kawan, keluarga atau bahkan keluhan anda sendiri bahwa telah menjalani diet namun hasil yang di impikan tidak kunjung tiba. Alih-alih mengurangi berat badan, yang di dapatkan malah naiknya menunjuk angka pada angka timbangan anda! Wah… tentunya ada yang salah kalau demikian. Anda sadari atau tidak ada beberapa kesalahan dalam diet dan itu penting untuk di ketahui, beberapa kesalahan dalam diet diantaranya:

1.Melewatkan sarapan pagi

Apapun alasan anda baik anda terburu-buru atau bahkan anda berpendapat untuk mengurangi asupan kalori, tetap saja sarapan merupakan suatu hal yang penting!. Seringkali ketika anda melewatkan sarapan pagi anda mengalami ingin mencicipi semua makanan yang anda lihat, dan seperti anda ketahui untuk makan di luar seringkali makanan tersebut mengandung lemak atau kalori yang tinggi apalagi di sebabkan anda lapar anda mungkin memakan dalam jumlah yang lebih dari biasanya yang anda makan, tentunya hal ini tidak sehat jika di biarkan berlarut-larut.

Menurut survey yang di lakukan oleh National Weight Control Registry, mereka menelitilebih dari 5000 orang yang dapat mempertahankan berat badannya setidaknya sebesar 14 kg selama setahun atau lebih bahwa 78% dari mereka sarapan pada pagi harinya.

Solusi pada masalah ini anda tetap harus mengkonsumsi sesuatu tapi hindari makanan cepat saji. Anda akan merasa kenyang cukup lama jika anda mengkonsumsi buah, yogurt rendah lemak. Bukan hanya itu bahkan energy bar pun seringkali dapat mencukupi, namun bukan sembarang energy bar pastikan yang anda konsumsi adalah yang mengandung 3 gr serat, 8 gr protein dan kurang dari 250 kalori. Kuncinya adalah membuat sarapan anda lebih sederhana dan mudah untuk di siapkan, mungkin anda bisa mencoba oatmeal, tentunya tidak sulit bagi anda untuk menyiapkan ini bukan?

2.Mengkonsumsi minuman berkalori terlalu banyak

Ketika anda mengkonsumsi cairan berkalori tetap saja anda tidak akan merasa kenyang, sekalipun anda mengkonsumsi minuman ini dalam jumlah besar anda tetap saja akan menginginkan makanan. Pennsylvania State University mengadakan penelitian yaitu para peneliti mereka memberikan sukarelawan minuman berkalori seperti (jus buah, minuman bersoda yang manis, atau mungkin susu) yang di sertai dengan makanan tetap saja mereka tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih rendah, lalu apa yang mempengaruhi program diet anda? Selain kalori yang anda dapat dari makanan masih ada lagi kalori yang harus anda buang dari minuman ini.

Anda di sarankan tidak minum minuman beralkohol dalam keadaan perut kosong, paling tidak konsumsi cemilan kecil seperti kacang sebelum anda meneguk, katakana wine.

Minuman seperti Long Island Iced Tea dalam jumlah kalori setara dengan 26 gorengan onion rings, 5 ons (U.S) segelas wine sama dengan 125 kalori, 3 ons margarita sam dengan 170 kalori. Rahasia agar diet anda sukses kurangi minuman seperti ini dan….. olahraga!!!!

3.Terlalu banyak mengkonsumsi makanan siap saji

ketika anda sedang berkumpul bersama kawan atau keluarga dan memutuskan untuk makan pada restoran siap saji adalah suatu kemungkinan. Mengkonsumsi makanan jenis ini pada saat tersebut tentunya tidak di lakukan setiap hari, sehingga hal ini tidak akan mempengaruhi kesehatan anda. Namun yang menjadi masalah jikalau anda kemudian menjadi pelanggan setia dan bahkan seringkali makan makanan jenis ini, tentunya salh satu resiko yang anda tanggung adalah naiknya berat badan anda.

Riset yang dilakukan para peneliti di University of Minnoseta selama 15 tahun menunjukkan yang mengkonsumsi makanan cepat saji seperti ini lebih dari 2 kali seminggu mengalami kenaikan sebesar 4,5 kg di banding yang mengkonsumsinya kurang dari seminggu sekali. Di tambah lagi dengan adanya fasilitas drive-through dari beberapa restoran ini mengakibatkan orang lebih malas untuk berjalan keluar dari mobilnya, parahnya menurut penelitian perilaku seperti ini bagi yang sering menggunakan kemudahan tersebut dapat memicu diabetes. Tahanlah keinginan anda jika ia berlebihan, demi kebaikan anda sendiri bahkan untuk program diet anda jika anda ingin program diet anda sukses. Caranya bisa saja dengan tidak menghindari sama sekali makanan kegemaran anda ini, makanlah sesekali namun perlakukan ini sebagai hal istimewa yang anda dapatkan sesekali dan nikmatilah makan anda sehingga anda tidak akan penasaran dan akhirnya justru mengkonsumsi secara berlebihan. Juga jangan lewatkan makan malam sebagai kompensasi dari kelaparan anda. Karena pada akhirnya anda akan memakan lebih banyak.

4.Mengkonsumsi makanan rendah lemak secara berlebihan

Barangkali anda berfikir bahwa anda akan dapat menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi makanan jenis ini tetapi setelah anda jalani dan anda memeriksa berat badan anda muncul pertanyaan “kenapa berat badan saya tidak turun juga?”. Menurut penelitian jika anda memberi tahu orang bahwa makanan yang ia makan adalah rendah lemak biasanya mereka akan mengambil lebih, sekalipun makanan tersebut rendah lemak jika di ambil lebih banyak tetap saja itu merupakan kalori. Perhatikan informasi yang tertera pada bungkus makanan tersebut karena jika anda mengkonsumsi dalam jumlah besar sama saja dengan makanan yang biasa anda konsumsi.

Menurut penelitian Pennsylvania State University menunjukkan para wanita yang makan salad besar rendah kalori (selada, wortel, seledri, tomat, dan mentimun yang di beri fat-free dressing serta keju yang ringan) sebelum makan siang mereka makan lebih sedikit. Konsumsilah sayur-sayuran lebih banyak karena sayuran rendah kalori dan justru lebih mengenyangkan, bahkan mungkin dengan ini dapat menimbulkan kebiasaan pada anda untuk mengkonsumsi salad yang berarti makan lebih sehat.

5.Kurang berolahraga

Jika anda berhenti olahraga selama beberapa hari kemungkinan anda telah malas atau bahkan kehilangan motivasi untuk memulai kembali. Namun anda harus ingat bahwa beberapa hari dapat menjadi minggu, dan beberapa minggu menjadi bulan dan lama kelamaan anda berhenti berolahraga sama sekali, penting sekali bagi anda untuk memulainya secepat mungkin dan jangan khawatir kebugaran adalah sesatu yang dapat timbul cukup cepat dalam satu bulan anda akan hampir mencapai kebugaran dimana anda sampai sebelum anda berhenti berolahraga. Paling tidak berjalanlah selama 10 menit dan lakukan dengan rutin dan jika anda merasa lebih kuat tambah intensitas latihan anda. Namun jangan membuat latihan anda berlebihan sehingga tidak menyenagkan, sebagai penambah motivasi berlatihlah dengan kawan sehingga kegiatan tersebut dapat lebih di nikmati.

6.Takut untuk menimbang berat badan anda

Biasanya hal ini menimpa kaum wanita, karena sering kali berat badan berpengaruh terhadap kepercayaan diri seseorang. Padahal yang sebaiknya di lakukan adalah menimbang berat badan secara rutin, andaikan berat badan anda bertanbah anda dapat melakukan langkah preventif sebelum berat badan anda bertambah banyak. Rubahlah pandangan anda terhadap timbangan, perlakukan angka-angka tersebut sebagai pelatih pribadi anda bukan dengan menghindarinya karena hal itu sama saja dari penolakan, sehingga anda dapat senantiasa memonitor berat badan anda dan menyesuaikan dengan program diet serta latihan anda.

7.Mengganti makanan dengan energy bars atau minuman pengganti

Telah berulang kali diinformasikan oleh ahli kesehatan bahwa diet bukan berarti anda harus menderita kelaparan, tetap nikmati makanan anda. Juga bukan dengan mengganti makan penuh dengan subtitusi semacam energy bar atau minuman pengganti lainya. Tidak ada yang dapat menggantikan makanan makanan tersebut, tubuh kita membutuhkan phytonutrients dan serat yang didapatkan dalam buah-buahan, sayuran atau biji-bijian. Konsumsi makanan jenis ini hanya ketike anda membutuhkan bukan sebagai pengganti dari makanan yang sebenarnya.

8.Anda dapat makan segalanya jika anda berolahraga

Inilah miskonsepsi yang sering beredar dan anehnya diyakini sebagai kebenaran. Salah satu tujuan dari berolahraga selain kesehatan adalah untuk menjaga tubuh dan berat badan pun berpengaruh terhadapnya. Dengan berolahraga kalori yang anda konsumsi akan terbakar dan ini mengapa berat badan anda turun atau tetap. Secara logika jika anda ingin mengurangi berat badan,pengeluaran harus lebih besar dari asupan, dan yang menjadi masalah saat ini sekalipun anda berolhraga namuntetap saja mengkonsumsi makanan baik itu yang manis-mansi, berlemak atau minuman bersoda dalam junlah yang berlebihan itu bukan merupakan suatu langkah yang bijak, mengapa? Karena lebih banyak kalori lagi yang anda konsumsi dan lebih sulit bagi anda untuk membakar itu semua, selalu ingat rumus ”pengeluaran > pemasukan”.

9.Kurangi mengkonsumsi kalori atau berlebihan

Anda mungkin takut mengkonsumsi suatu makanan sehingga anda lebih baik merasa kelaparan seharian. Tidak begitu pada diet yang sehat, anda tetap harus makan dan tubuh kita tetap memerlukan kalori sebagai “bahan bakar” bagi tubuh kita untuk beraktifitas. Berlebihan mengkonsumsi kaloritentu saja anda harus menguranginya, dan kurang mengkonsumsinya tentunya sulit bagi anda untuk mempertahankan gaya hidup anda yang aktif, lalu bagaimana solusinya? Anda dapat menggunakan kalkulator kalori yang dapat menghitung berapa kalori dari sebuah makanan sehingga anda dapat menggunakan ini sebagai panduan dalam melakukan diet.

10. Minum air yang cukup

Ya betul, minumlah ketika anda haus! Tubuh anda tetap memerlukan air dan jadikan rasa haus sebagai petunjuk bahwa tubuh anda sudah memerlukan cairan. Apalagi jika anda senang melakukan olahraga tentunya banyak cairan yang keluar dari badan, dan ini butuh untuk di gantikan baik dengan air atau minuman ion. Dengan situasi panas seperti di Jakarta, dehidrasi adalah suatu kemungkinan jadi anda butuh untuk minum sebelum, ketika dan setelah latihan dimana dengan demikian anda dapat menjaga level hidrasi anda.

Nah…. Tunggu apalagi? Mulailah perlahan-lahan menerapkan langkah diatas ini untuk memperbaiki metodr diet anda. Anda tentunya anda ingin mendapatkan hasil yang diharapkan setelah anda bersusah payah melakukan diet namun jika metode yang salah tentunya hasil yang diraih tidak maksimal, sungguh amat sayang bukan? Selamat diet dengan metide yang sehat.

Penulis: PUTRA FAHMI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar