Minggu, 03 Februari 2008

ABAIKAN NYERI BIKIN NGERI


Salah satu “alarm”tubuh apabila kesehatan kita mulai menurun adalah timbulnya rasa Nyeri. Sensasi nyeri sesungguhnya merupakan isyarat yang sengaja diciptakan dalam tubuh agar kita sadar ada sesuatu yang tidak beres dengan suatu bagian tubuh kita. Dan bagian tubuh itu bisa dimana saja.

Kebanyakan dari kita tidak terlalu peduli akan timbulnya nyeri ini, jika sudah berobat ke dokter pun masih saja kita tidak menuruti anjuran yang diberikan. Beranggapan bahwa setelah minum obat nyeri yang dirasakan akan hilang. Padahal timbulnya nyeri tersebut harus diwaspadai, bahwa ada kebiasaan sehari-hari yang mengaggu kesehatan. Bila menjadi serius, nyeri dapat mengakibatkan mulai dari penyakit ringan hingga berat.

Nyeri juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada salah satu bagian tubuh, seperti kerusakan sendi, otot yang putus, tulang retak, gigi busuk, atau awal stroke. Bila hal ini terjadi maka nyeri dirasakan berlangsung secara terus menerus, nyeri tanpa putus, dan tidak akan pulih bila penyebabnya belum diobati. Minum obat terus menerus tidak anyak membantu karena begitu obat dihentikan maka nyeri dapat muncul lagi. Hal ini harus menjadi pertanda bahwa keluhan nyeri tidak boleh dipelihara, dan ada sesuatu yang lebih seriussedang terjadi pada bagian tubuh kita. Kenali nyeri maka anda akan terbebas dari rasa ngeri yang ditimbulkan.

NYERI KEPALA

Nyeri kepala adalah perasaan tidak nyaman yang mulai dari wajah dibagian atas mata hingga kebgian belakang kepala. Perasaan nyeri pada kepala disebabkan oleh adanya peregangan atau penekanan pada daerah yang sensitif yang ada di kepala, antara lain kulit kepala, tengkorak, selubung pembungkus otak, dan pembuluh darah yang ada di dalam rongga tengkorak. Nyeri kepala dapat bersifat berdenyut, perasaan seperti diikat, seperti dipukul, dan lain-lain.

Nyeri kepala dapat di bagi menjadi dua jenis, yaitu nyeri kepala primer dan nyeri kepala sekunder. Nyeri kepala primer adalah nyeri kepala yang tidak disebabkan oleh kelainan struktur di dalam rongga tengkorak. Bisa pula berasal dari gigi, radang sinus (hidung), gangguan rongga hidung , atau penyakit lambung, gangguan psikis (stres), dan kurang tidur. Lebih dari 90% nyeri kepala merupakan nyeri kepala primer. Sedangkan nyeri kepala sekunder disebabkan oleh adanya kelainan di dalam rongga tengkorak yang disebabkan oleh adanya infeksi otak, tumor, perdarahan didalam otak dan lain-lain. Gejala awal stroke, tumor otak, gangguan ketajaman visus mata, kelainan pembuluh darah otak sama-sama memunculkan keluhan nyeri kepala pada awalnya.

Pencegahan : hindari makanan yang bisa mencetuskan sakit kepala, contohnya coklat atau kafein, terik sinar matahari, asap rokok, debu, atau bahan-bahan kimia tertentu dan keseimbangan antara waktu bekerja dan istirahat.

Nyeri Leher dan Bahu

Nyeri leher dan bahu banyak berkaitan dengan posisi yang salah saat beraktivitas. Contohnya selama duduk saat bekerja dengan mencondongkan kepala ke depan dapat menyebabkan gangguan pada leher, duduk dengan lengan terangkat dapat manyebabkan nyeri pada bahu dan leher, serta duduk tanpa sokongan lengan bawah dapat menyebabkan nyeri pada bahu. Nyeri bahu yang menetap dan berulang-ulang dapat merambat hingga ke leher. Bahkan disertai dengan nyeri kepala.

Pencegahan: nyeri bahu ini tidak akan hilang hanya dengan obaa-obatan penghilang rasa sakit atau obat relaksasi otot saja. Perbaiki posisi yang salah saat melakukan aktifitas sehari-hari dan perhatikan cara duduk selama ini. Duduklah dengan kursi yang sehat yaitu sandaran yang menopang punggung belakang, istirahatkan siku dan lengan pada lengan kursi atau meja agar tidak mengantung dalam waktu yang lama, dan jaga bahu untuk tetap rileks selama bekerja.

Nyeri dada

Nyeri dada (angina pectoris) dapat di sebabkan oleh kelainan jantung, paru, atau saluran cerna, karena aliran darah ke otot jantung berkurang sehingga otot jantung menjadi kekurangan oksigen.

Rasa nyeri dapat berupa perasaan dada tertekan, dada terasa berat, dada terasa seperti diikat, diperas, sensasi rasa panas, atau dapat berupa rasa sesak. Nyeri biasanya terjadi di bagian dada kiri dan kemudian dapat menjalar ke leher, dan selanjutnya dapat juga menjalar ke daerah punggung atau lengan kiri. Nyeri dada pada angina pektoris biasanya timbul pada waktu pasien melakukan aktifitas fisik, seperti berolah raga atau naik tangga. Keluhan tersebut biasanya akan hilang setelah penderia beristirahat. Namun, bila penyakit pembuluh darah tersebut dibiarkan berkembang, keluhan juga akan muncul di waktu istirahat.

Bertambah beratnya penyakit dapat membuat nyeri dada berlangsung makin lama dan bisa disertai dengan keringat dingin, gelisah, kaki dan tangan dingin, bahkan sampai kejang dan kesadaran menurun.

Nyeri dada juga dapat timbul dan berhubungan erat dengan penyakit paru dan saluran pernapasan. Contohnya, TB paru (tuberculosis), bronchitis, pneumonia, asma bronchial, jamur paru, PPOK (penyakit paru obstruksi kronik), dan kanker paru. Jerawat, bisul dan luka memar di dada juga bisa menimbulkan nyeri dada.

Nyeri ulu hati

Nyeri ulu hati merupakan salah satu gejala utama penyakit maag (gastritis). Nyeri ini juga dapat terjadi bila dinding lambung mengalami luka, kanker pada lambung, dan penyakit jantung.

Pencegahan: jaga pola makan untuk menghindari penyakit pada lambung. Tangani degan segera bila terjadi nyeri pada ulu hati.

Nyeri perut bawah

Nyeri perut uumnya di sebabkan akibat peradangan usus buntu (Appendicitis) yang di sebabkan oleh kuman/bakteri usus Escherichia coli, adanya tinja yang tersasar (faecolith), cacing, dan juga kerusakan jaringan (fibrosis) pada usus buntu.

Serangan peradangan usus buntu biasanya diawali dengan adanya rasa nyeri/tidak enak di perut biasanya di sekitar pusar. Pada saat yang sama akan muncul demam yang dingin, disertai mual dan muntah-muntah. Dapat juga disertai dengan diare atau sembelit. Nyeri akan berkembang dari sekitar pusar, kemudian menyebar sampai ke perut kanan bawah. Pada kasus peradangan usus buntu yang spesifik, akan muncul nyeri tekan pada perut kanan bawah. Nyeri semakin memberat dari jam ke jam. Selain nyeri bila di tekan, nyeri juga muncul bila setelah di tekan lalu segera di lepas (nyeri lepas). Nyeri yang sama pada perut kanan bawah akan timbul bila di tekan pada perut kiri bawah. Selain itu otot-otot dinding perut bila diraba akan terasa menegang.

Penderita umumnya akan berbaring dengan tungkai kanan lebih di tekuk, di lakukan tanpa sadar untuk lebih mengendurkan otot dinding perut agar tidak menekan usus buntunya yang meradang. Nyeri perut yang semula tak begitu jelas, kemudian berangsur-angsur berubah menjadi nyeri tajam dan berlangsung terus menerus.

Nyeri pinggang bawah

Gangguan nyeri pinggang bawah dapat dialami oleh kita semua. Walau bukan tergolong gangguan yang berpotensi merenggut nyawa, nyeri pinggang bawah bisa sangat menyiksa dan menganggu aktifitas harian. Nyeri ini terjadi apabila postur tubuh tidak baik sehingga lengkungan tulang belakang menjadi berubah. Contohnya, nyeri pinggang bawah akibat bekerja pada posisi setengah duduk dalam waktu yang lama. Setelah duduk selama 15-20 mnit, otot-otot punggung biasanya mulai letih.

Nyeri pinggng hebat juga bisa di sebabkan karena lordosis (bengkoknya tulang pinggang ke depan) ketika seseorang mencoba mengangkat barang berat yang memberi beban secara tiba-tiba kepad atulang pinggang. Nyeri ini juga bisa di sebabkan oleh berbagai jenis penyakit, antara lain disc herniation (penyakit nyeri akibat tidak tertekannya saraf yang menuju tungkai bawah akibat penonjolan discus ke belakang), spondilolysis (penyakit nyeri akibat tidak stabil atau patahnya lengkungan tulang belakang), infeksi TBC, patah tulang, dan tumor.

Pencegahan: untuk menghindari nyeri pinggang, disarankan untuk memakai kursi yang cocok sehingga tungkai atas atau paha sejajar dengan lantai. Nyeri pinggang bawah juga dapat timbul pada pekerja yang memerlukan waktu berdiri lama saat bekerja, untuk mengatasinya sebaiknya kita menempatkan salah satu kaki di atas bangku rendah.

Nyeri saluran kemih

Nyeri pada saluran kemih/kencing ini dapat terjadi pada siapa saja. Namun belakangan banyak terjadi kepada para pekerja kantoran dan lebih banyak pada wanita karena kebiasaan menahan air kencing. Nyeri pada saluran kemih/kencing ini dapat disebabkan adanya infeksi, peradangan saluran kemih/kencing, adanya sumbatan (dapat berupa batu) atau karena kebiasaan. Selain itu nyeri ini juga dapat timbul akibat kebiasaan kurang minum air putih, minum kopi dan makan makanan yang dapat menyebabakn terbentuknya batu saluran kemih. Rasa nyeri ini pun dapat menjalar hingga ke pinggang dan perut depan.

Nyeri saluran kemih ini juga dapat disertai gejala lain seperti buang air kecil terssendat/sedikit-sedikit, air seni yang bercampur darah, nyeri saat, sebelum dan sesudah berkemih, demam hingga sakit pinggang. Apabila disebabkan oleh infeksiharus segera di obati karena bila dibiarkan dapat menyebabkan gangguan ginjal.

Nyeri sendi

Sendi adalah suatu engsel yang memungkinkan anggota tubuh untuk dapat bergerak dengan baik, dan sendi juga merupakan suatu penghubung antara ruas tulang yang satu dengan ruas tulang lainya, sehingga kedua tulang tersebut dapat digerakkan sesuai dengan jenis persendiannya. Jenis rematik sangatlah banyak namun yang paling umum dan banyak diderita adalah jenis Osteoarthritis, Rheumathoid Arthritis, dan Gout (Arthritis Pirai).

Osteoarthritis (OA) dapat mengakibatkan kerusakan tulang rawan sendi, yang berkembang secara lambat. Umumnya menyerang sendi tangan/kaki, sendi sendi besar yang mengandung beban/berat badan tubuh kita (sendi tulang belakang, sendi lutut, sendi panggul). Gejala OA yang timbul berupa nyeri sendi yang khas yaitu nyeri yang bertambah berat pada waktu menopang berat badan atau waktu aktifitas (melakukan gerakan), dan membaik bila diistirahatkan, gerakan sendi menjadi terhambat karena nyeri. Penderita mungkin menunjukkan salah satu sendinya (sering lutut atau tangan) secara perlahan menjadi membesar.

Sedangkan Rheumatoid Arthritis adalah penyakit autoimun dimana persendian secara simetris mengalami peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi. Biasanya muncul dalam usia antara 25-50 tahun, tapi bisa juga diluar usia itu. Gejala yang di timbulkan berupa kaku pada persendian sekitarnya pada pagi hari yang berlangsung lebih dari satu jam., pembengkakan pada sendi, misalnya: jari-jari tangan/kaki, pergelangan tangan/kaki, siku, pinggul, atau sendi lutut. Nyeri ini juga bisa di sertai dengan demam, lemah, dan nafsu makan berkurang.

GOUT (ARTHRITIS PIRAI) adalah suatu penyakit yang di tandai dengan serangan nyeri sendi yang berulang-ulang dan tiba-tiba, peradangan sendi bersifat menahun (kronis) dan setelah terjadi serangan berulang, sendi bisa menjadi bengkok. Penyebabnya karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Lokasi sendi yang terkena biasanya adalah pangkal yang terkena biasanya adalah pangkal ibu jari kaki. Meski demikian serangan ini bisa terjadi pada persendian lain, seperti pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan atau jari tangan.

Nyeri haid/menstruasi

Nyeri ini hanya terjadi pada wanita, ada yang merasakan nyeri sejak mulai pertama kali datangnya haid/menstruasi atau yang timbul sesekali saat sebelum, sedang atau sesudah haid/menstruasi. Sakit menusuk, nyeri yang hebat, disekitar perut bagian bawah dan bahkan kadang mengalami kesulitan berjalan sering di alami ketika nyeri haid ini menyerang. Nyeri ini perlu di waspadai adalah yang disebabkan karena pertumbuhan jaringan yang abnormal didalam rahim (Endometriosis) yang dapat mempengaruhi gangguan kesuburan dan proses kehamilan.

Penulis: NI WAYAN ARTI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar