Rabu, 13 Februari 2008

LANGKAH SEDERHANA CEGAH SAKIT PUNGGUNG

Mari kita sayangi punggung kita dengan memperkuat otot perut. Kenapa otot perut? Sebab otot perut yang kuat akan mampu menyangga punggung secara benar. Meski begitu sebaiknya kita benar-benar memperhatikan kegiatan kita sehari-hari untuk menghindari sakit punggung.

Berikut ini posisi-posisi yang di sarankan Alvin Glam, guru Pilates dari Pilates Bodyworks Singapura untuk kesehatan punggung anda.

1. Mengangkat benda

Tekuk lutut anda dan jaga agar punggung tetap tegak ketika mengangkat sesuatu. Gunakan kaki untuk mendorong tubuh anda ke atas dan tetap tegak. Sangga barang itu agar dekat dengan dada. Jangan angkat melebihi bahu.

2. Duduk

Jaga agar posisi lutut tetap tinggi daripada pinggul saat duduk. Anda membutuhkan penyangga kaki untuk menjaga posisi tersebut. Jangan condongkan tubuh ke depan. Gunakan sandaran kursi untuk menyangga punggung. Tambahan penyangga punggung memperbaiki postur dan kenyamanan.

3. Menyetir

Pertahankan posisi kursi agar dekat dengan setir sehingga posisi lutut lebih tinggi dari pinggul. Tambahkan penyangga punggung dapat memperbaiki postur dan kenyamanan anda, terutama saat perjalanan jauh.

4. Berdiri

Sering-seringlah berganti posisi. Jika terpaksa berdiri pada satu posisi dalam waktu cukup lama, tempatkan satu kaki di penyangga kaki dan secara bergantian ubah kaki. Ini mengurangi tekanan pada punggung dan nyeri.

5. Berjalan

Kenakan sepatu yang nyaman dengan tumit rendah dan empuk.

6. Tidur

Kebiasaan tidur yang buruk dapat menyebabkan nyeri pungung. Usahakan tidur di atas matras empuk tapi cukup kuat untuk menyangga punggung. Posisi tidur menyamping dengan lutut bertekuk dan ada bantal di sela-sela lutut adalah posisi tidur terbaik. Anda juga dapat tidur dengan bantal diletakkan di bawah lutut. Hindari posisi tengkurap, letakkan bantal di bawah tulang panggul. Jangan letakkan bantal di bawah perut.

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar