Minggu, 03 Februari 2008

MENCEGAH DAN MENGATASI BATUK

Batuk mudah menyerang setiap orang tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Umumnya penyakit ini bukan hanya datang sekali, namun bisa menyerang beberapa kali dalam setahun. Masa pergantian musim adalah masa rawan batuk.

Sebenarnya batuk bukan penyakit, meskipun pada beberapa kasus, gangguan kesehatan ini bisa menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Bagi orang yang sehat batuk menandakan adanya gangguan pada saluran penapasan atau paru-paru. Ini merupakan mekanisme alami intuk melindungi tubuh dari benda asing di saluran pernapasan.

Batuk yang berlangsung lama, penderita tidak sembuh dalam seminggu, patut di waspadai. Apalagi bila batuk di sertai gejala-gejala lain misalnya napas berbunyi (mengi) atau dada terasa nyeri. Selain reaksi tubuh terhadap benda asing di saluran pernapasan, batuk bisa juga merupakan gejala suatu penyakit yang serius.

CEGAH PENULARAN

Batuk bisa menular kepada orang lain di sekitarnya melalui udara ketika batuk dan bersin-bersin. Seperti virus batuk pilek bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan lewat hidung atau mulut. Bisa juga melalui tangan saat menyentuh benda-benda yang terkontaminasi virus atau bakteri oleh penderita batuk.

Bila tubuh anda kurang fit, hindari terlalu banyak kontak dengan penderita batuk, setidaknya jangan berhadapan dengan penderita batuk.

IMUNITAS TUBUH

Kebanyakan batuk terjadi karena kuman, virus, maupun bakteri menyerang saluran pernapasan dan paru-paru. Pada saat imunitas atau kekebalan tubuh seseorang melemah, batuk akan mudah menyerang. Biasanya tanpa pengobatan sekalipun, batuk akan sembuh dalam 2 atau 3 hari bila daya tahan tubuh seseorang baik.

Jika batuk di rasakan sangat mengganggu aktivitas. Anda bisa meredakan dengan meminum obat batuk yang di jual bebas,tergantung jenis batuk. Obat batuk antitusif bekerja mengatasi batuk kering sementara ekspektoran untuk batuk berdahak. Ada juga obat batuk yang ditujukan mengatasi batuk kering dan berdahak sekaligus. Bila batuk anda di sertai gejala demam, ada kemungkinan anda juga terkena infeksi. Untuk mendapatkan Antibiotik yang tepat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk mengatasi gejala batuk:

  • Minum banyak cairan, terutama air putih.
  • Konsumsi banyak buah dan sayuran.
  • Konsumsi vitamin untuk mendukung ketahanan tubuh.
  • Pastikan tubuh mendapat cukup istirahat.
  • Kurangi merokok.
  • Hindari stress.

Sumber: Human Health edisi oktober 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar